Jumat, 04 Oktober 2013

People Are Awesome. Para Orang Gila Di Atas Sepeda

Pernah terbayang dalam benak kalian, traveling dengan sepeda pancal selama berhari - hari, berminggu - minggu, bahkan bertahun - tahun? Membayangkannya saja mungkin sulit, memangnya ada orang yang sekuat itu. Dan nyatanya ada, bung ! Berikut ini orang - orang gila yang saya ketahui, kenal, dan menjadi inspirasi saya.


1. KPCI, Kayuh Pedal Cumbu Indonesia (Anto & Cliff)
Anto & Cliff, perbatasan Indonesia - Papua New Guinea



Kalau kalian sering masuk dan melototin subforum di Kaskus bernama OANC dan nggak ngerti tentang KPCI, mungkin mata ente minta dicukil pake linggis. Dulu sudah pernah ngepost tentang mereka berdua, malah sempat ikutan gowes bareng mereka juga. Dua orang ini bersepeda dari Bogor berkeliling Indonesia selama 2 tahun, mendaki beberapa gunung di Indonesia, dan...... sudahlah, pokoknya bikin iri.
Link tulisan mereka di kaskus : dimari
Fanspage di facebook : disini
Pelakunya : Mang Anto & Mang Cliff


2. The Malaysian Nomad Project, Zahariz Khuzaimah, Malaysia


Lupakan konfrontasi Indonesia dan Malaysia yang pasti kalian tau bagaimana. Kenalkan, seorang traveler dengan sepeda dari negeri tetangga bernama zahariz. Lupa dulu kok bisa ngerti orang ini dimana ya. Kalau nggak salah sih di twitter. Kalau nggak salah perjalanannya yang terakhir di Norwegia (atau Islandia ya?). Blognya bagus, keren, foto - fotonya cadas dan yang pasti bikin iri (gearnya juga bikin iri sih). Ditulis dengan bahasa inggris sehingga nggak bikin kita agak roaming apabila ditulis dengan bahasa Melayu. Pernah terbayangkan bersepeda seorang diri di tengah padang salju, dengan suhu yang pastinya berada di bawah 0 derajat celcius? Dan saat malam tiba harus menggelar tenda di tengah hutan yang bersalju sendirian?
Kunjungi blognya : dimari


3. Tom Bruce 


Ini orang kayaknya terkenal banget di dunia turing sepeda. Sudah punya buku berjudul 'Every Inch of The Way', dan kayaknya belum ada yang terjemahan Indonesia. Nggak tanggung - tanggung Bear Grylls juga ngasih review ke bukunya.  Pengalamannya benar - benar luar biasa, satu - satuya kesalahannya adalah dia follow twitter saya. Nggak ngerti juga gimana dia bisa nemu twitter yang isinya sampah semua kayak gitu -__-
Penasaran orangnya kaya gimana, pengen beli bukunya? Tersedia di amazon.com.
Pengen baca cerita dari yang bersangkutan, lihat foto, atau download peta jalur, bisa langsung kunjungi blog orang yang bersangkutan.
Kunjugngi blognya : dimari 


4. Akira kato, Jepang

Saya tau orang ini lewat facebook. Pertama kali lihat, wtf, ini orang waras enggak sih. Sepeda usang dengan printilan karung yang sekilas dicantolkan di sepeda sekenanya. Entah apa saja yang dibawanya, tapi yang pasti cadas abis. Beliau baru saja menyelesaikan tur keliling dunia dan sekitar sebulan yang lalu sudah kembali lagi ke negaranya, Jepang.
Saya suka dengan senyumnya, terlihat tulus :)
Blog beliau saya belum tahu, kalau nge-search di google banyak yang namanya Akira Kato. Mending cek di facebooknya saja. Fotonya juga lumayan banyak.
Bisa dilihat : dimari

5. Zita & Arpi, Honeymoon Around The World, Hungaria


Saya hampir bertemu mereka! Namun gagal gara - gara saya kelamaan di Semeru. Waktu turun dari Semeru mereka udah di Bali aja :(
Ini mungkin honeymoon paling cadas di dunia. Habis nikah, lanjut traveling naik sepeda keliling dunia bersama pasangan :))
Yang unik, mereka tidak memakai sepeda konvensional, entah namanya apa sepeda macam ini, saya lupa. Start dari Hungaria dan lanjut terus sampai Australia memang bukan suatu hal yang mudah, butuh mental, fisik, waktu, dan yang pasti berbagai pengorbanan yang tidak sedikit.
Saya iri sekali :(( *brb cari pacar buat diajak keliling dunia*
kalau pengen tahu tentang mereka, mereka ada fanspage di facebook dan web. Dari kabar di fanspage, mereka sepertinya baru saja diwawancarai oleh Cycle Traveler Australia.
cek fanspage facebook mereka : dimari
cek juga web mereka : disini

6. Brian, Arctic2Argentina, Korea Selatan

Dia ekspatriat, makanya jangan bingung Korea Selatan kok wajahya bule. Dulu saya sering main ke blognya orang ini. Gak baca ceritanya sih, cuma lihat - lihat foto perjalanannya doang. Maklum paling males kalo disuruh baca tulisan Inggris :))
Kalau nggak salah tahun 2012 kemarin memulai ekspedisi lintas Mongolia. Terbayang jalan naik turun dan sepanjang jalan hanya melihat hamparan pasir. Mikir 2 kali deh kalo saya -_-
blognya bisa dilihat : dimari
fanspage facebook : disini



Ntar ditambahin lagi deh, masih banyak kok :)
Jadi, dari daftar para penjelajah diatas manakah yang kira - kira dapat menginspirasi kalian?

6 komentar:

  1. Yo ngono di tulis ndek blog, terus link e dishare nang endi-endi, FB, G+,Kaskus, dll, kalau ada revisi khan hanya merevisi satu tempat, sedangkan link nya khan gak berubah.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. lha ini masih mau ditambahin lagi :/
      om paimo terakhir lah, dia kan leged B)

      Hapus
  3. saya punya teman yg sekarang lagi keliling Indonesia tapi sayangnya dia kurang rapi mendokumentasikan perjalanannya. Padahal perjalanannya menginspirasi banget, layaknya petualang sepeda lainnya. Tetap menjelajah mas.

    BalasHapus
  4. Saya tak tahu tentang penegembara yang lain itu, tetapi Zahariz memang pengembara yang sangat berani. Di Malaysia, kisahnya di tayang di TV Al Hijrah (mungkin boleh ditonton melalui online). Tajuk pengembaraannya "dengan basikal aku menjelajah". Sangat menarik dan menyentuh hati. Terutama cerita tentang orang nomad Monggolia yang tidak mempunyai apa-apa teknologi moden langsung, tetapi boleh survive dengan baik. T Kasih

    BalasHapus