Senin, 09 Juli 2012

Gowes Ceria Bersama KPCI

tetep yang di tengah paling keren




 Beberapa hari yang lalu, teman - teman dari KPCI (Kayuh Pedal Cumbu Indonesia) lagi lewat Kediri. Berhubung saat itu gue lagi di Kediri, ya otomatis kita sebagai tuan rumah menyambut dong. Bermula dari sms Mang Antok alias stressmetal (yang pake baju merah tuh) yang nanyain posisi gue lagi dimana. Terus terus terus akhirnya gue jemput di daerah sekitar pabrik gula Mrican.

Oiya, buat yang belum tau KPCI itu apa, KPCI itu singkatan dari Kayuh Pedal Cumbu Indonesia, jadi mereka berdua ini gowes sepeda keliling Indonesia, di mulai dari kota Bogor, jalan ke timur, Bali, Lombok, Sumbawa, terus sampe Papua, dilanjut ke barat, lewat Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan balik lagi ke Bogor. Nah, rencananya bakal nyampe Bogor lagi tahun 2014 (bisa bayangin gak tuh dengkul kayak apa entar).

Ngopi, ngobrol ngalor ngidul, makan bareng, ngerokok bareng, gue hubungin sesepuh kaskus Kediri. Masak ada artis nggak disambut? ya nggak ya nggak. Akhirnya dateng juga Pak RL Kediri sama Naferyo ke rumah. Ngobrol ngalor ngidul, ngopi bareng, berangkat deh ke Blitar buat nerusin perjalanan.

Sebelum berangkat Mang Cliff ngomong, "ayo nemenin kita ke Blitar, masak dari Kediri gak ada yang nemenin". Galau, antara pengen berangkat atau enggak, kalau berangkat, pulangnya pasti sendirian nih, kebayang siang hari yang terik, gowes sendiri dari Blitar ke Kediri, bakalan gosong nih.
E tapi bodo lah, ngikut berangkat aja deh, sekalian fisik, hahahaha.

Sepeda, helm, perbekalan, sama jangan lupa cek kantong, berangkatlah kita dari rumah sekitar pukul 5 sore. Perkiraan perjalanan sekitar 3 jam kalau nyantai. Pamitan sama orang tua, pak RL sama om Naferyo, dan langsung tancap pedal.
Sedikit cerita soal sepeda gue, gue masih make sepeda MTB Polygon premier keluaran pertama. Lawas, bener bener keluaran yang pertama, kalo di search di google yang nongol bakalan dikit gambarnya, bahkan hampir nggak ada -__-" (dasar nasib mahasiswa kere). Mana belum di servis pula. Seumur - umur make sepeda ini, ini sepeda cuma pernah diservis 3 kali doang, dan gue punya sepeda ini mulai dari kelas 1 SMA. 7 tahun berarti umur ini sepeda, udah uzur, udah minta adik. Apa dayamu nak, kondisi tidak memungkinkanmu untuk pensiun.
(udahan curhatnya, balik ke topik)

Di tengah perjalanan, gue sempatin mampir ke minimarket karena gue gak bawa minum dari rumah. Angin enggak bersahabat. Perjalanan ke selatan, anginnya ke utara. Manteb, jalanan agak nanjak pula, walaupun nanjaknya enggak begitu kelihatan, tapi cukup kerasa di dengkul. Dan selama perjalanan ini pula gue benar - benar ngerasa pentingnya servis sepeda. Alamak berat amat ini sepeda, suaranya kreot - kreot pula. Disini juga terasa perbedaan dengkul antara dengkul gue sama dengkul mang cliff sama mang antok. Mereka gowes biasa aja, gue udah ngos - ngosan, baru sampai perbatasan Kediri - Blitar udah mulai berantakan ini nafas. Kepala juga udah mulai pening.
Oiya sekedar saran, kalau mau gowes sepeda jarak jauh, pakai kacamata yang gagangnya agak tebal dikit. Pengalaman selama gue gowes jarak jauh, kepala selalu pusing, frame kacamata gue emang agak kecil dan tipis gagangnya, jadi kayak aliran darah ke kepala terhambat. Biasanya kalo udah gini gue lepas kacamata, dengan resiko lihat tulisan jadi burem, dan muka orang kelihatan rata semua.

istirahat dulu ye, bang

Di tengah jalan, sekitar 25 kilometer dari tujuan, kita sempatin buat instirahat di pom bensin, ngumpulin tenaga yang kececeran sama ngumpulin nafas yang tinggal senin kamis. Lumayan, disini dikasih sedikit logistik sama bapak - bapak yang mau ngelanjutin perjalanan naik mobil ke Semarang (makasih kripiknya lho pak).

15 menit kemudian kita berangkat, lanjut lagi perjalanan. Mulai sini udah ngebut si mang cliff. Karena dengkul gue masih nubi dan cc-nya kecil, cuman bisa lihat dia dari belakang, yang makin lama makin jauh, dan akhirnya hilang di tikungan. Jarak gue sama jarak mang anto yang posisinya di belakang gue juga makin jauh, dan akhirnya gak kelihatan juga. Bodo sama keadaan, gue ngebut aja. Helm gue lepas (pening kepala kalo lama - lama make helm), ngebut sampe nafas habis, sampe dengkul ripuh. Hari juga udah mulai gelap, sekitar jam 6 sore. Lampu motor dan mobil mencorong ke mata, bikin sakit di mata, mana gak pake kacamata pula, kendaraan juga gak berperi-kesepedaan banget. Gue dipepet berkali kali sama motor dan mobil. Maklum Indonesia, dimana rasa hormat kepada pesepeda masih kurang, gak dianggap :))

Gue lihat mang cliff di perbatasan Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, lagi ngambil gambar. Akhirnya nyampe juga, istirah dulu disini, membasahi kerongkongan yang kering, sama istirahatin kaki yang lumayan capek.
"Mau kemana, Bang?", mang cliff ngomong sama mang antok yang gak lihat kita lagi istirahat, ngebut kayak takut ditinggal :))
Disini kita tunggu temen mang cliff yang bakal jemput kita disini. Rencananya kita bakalan nginep di rumahnya untuk semalam. Kemudian kedua orang ini ngelanjutin perjalanan ke Malang, dan gue balik ke Kediri.


Cerita belum selesai, masih ada lanjutannya. Entar gue edit lagi supaya rapi
(emang kapan tulisan gue pernah rapi?) :))

1 komentar: