Senin, 09 Juli 2012

Gowes Malang - Kediri. Bebannya? Ampun ...

si kuning bobrok nampang dulu kakak


Salah satu dari pengalaman yang gak bakal bisa dilupakan, dan gak bakalan diulangin lagi. Gowes dari Malang ke Kediri, sekitar 100 kilometer. Sebenarnya gak masalah. Tapi yang bikin gue gak mau ngulangin lagi adalah, harus bawa carrier gede 70 liter, full load, isi tenda, sleeping bag, baju jaket celana, kompor, gas, serta logistiknya, pokoknya ini bisa buat kemping di gunung sekitar 4 harian. Beratnya juga lumayan, 16 kilogram. Ya nasib, ya nasib,  orang kere gak punya pannier. Hehehe

Awal kisah (ceilah), gue pengen pulang ke rumah di Kediri. Gak punya duit, di dompet cuman ada duit sekitar lima ribu doang. Dengan bermodal nekat, dengkul yang sehat, dan otak yang sedikit gawat, gue niatin buat pulang kampung make sepeda. Perkara nyampe malem atau nyampenya besok bodo amat, gua bakalan gelar tenda di tengah perjalanan nanti. Hari itu sekitar pukul 3 sore, gue persiapan, packing segala sesuatu yang gue butuhin buat gue bawa pulang ke rumah, cek sepeda (dimana ngeceknya cuman dilihatin doang, nggak bener - bener di cek itu sepeda udah bener apa enggak), dan sekitar jam 4 sore gue kayuh pedal untuk pulang ke rumah.

"Serius mas mau pulang naik sepeda?", tanya teman kosan gue. "Iya, udah persiapan dari tadi", sahut gue sambil nyalain rokok (maksudnya biar kerenan dikit). "Bawa tas gede gitu lho mas, apa gak berat?". Gue jelasin panjang lebar bla bla bla, gue udah pernah bla bla bla, so kalo cuman bawa carrier doang make sepeda gak masalah. Padahal dalam hati gue agak ciut juga gue bakalan kuat apa enggak.

Dan perjalanan yang penuh siksaan ini dimulai. Diawali dari jarak sekitar 100 meter dari kosan, gue udah mulai terengah - engah. Jancuk, berat juga ini tas. Udah mulai bimbang, terusin apa enggak ya, kalo di terusin apa gue kuat ya, kalo gue balik entar gue makan apa ya, di dompet cuman ada 5 ribu doang -__-
Mantepin hati, gue bakalan terusin perjalanan, apapun yang terjadi. Setting tas carrier ke posisi yang agak enakan, lanjutkan perjalanan. Jalan mulai nanjak, napas udah ngos - ngosan, punggun sakit panget pulak. Alhasil tiap 500 meter gue istirahat.

Sabar, entar sampai pujon lo udah bisa leha - leha. Kata - kata ini gue tancepin terus di dalam hati. Memang ini medan yang paling berat, dari Malang ke Batu sekitar 20 kilometer nanjak terus. Disini bener - bener fisik gue diuji banget, tiap 20 - 30 meter gue istirahat. Punggung gue boooook, sakitnya minta ampun, waktu ngayuh rasanya kayak mau kejengkang ke belakang aja. Headlamp yang gue ikat di setang mulai gue nyalain. Dari Malang sampe Songgoriti gue tempuh sekitar 2,5 jam. Disini istirahat dulu sekitar 30 menit di warung, ngumpulin tenaga dan mental. Gue bakal lewat jalan tembus Songgoriti - Pujon, jaraknya cuman sekitar 700 meter, tapi miringnya bisa sampai 40 derajat. Mati mati deh...

Naik di atas sadel, siap - siap ngayuh. Tapi apa yang terjadi? sepeda gue malah jumping, roda depannya terangkat ke atas karena bebannya di belakang lebih berat dari depan. Alamak, alamat nuntun ini. Terseok - seok nuntun sepeda, tanjakan ini benar - benar kerasa banget, tiap 5 langkah istirahat ambil nafas sekitar 3 menit. Hari udah mulai gelap, sekitar jam 6 sore, dan kabut juga mulai turun. Lengkap sudah penderitaan. Mobil dan motor yang lewat aja kelihatan ngotot di tanjakan ini, apalagi dengkul ini. Udah berapa pasang mata ngelihatin gue, heran ini anak ngapain malam - malam gini di tengah jalan.
Dan Songgoriti - Pujon yang hanya berjarak 700 meter, gue tempuh 1 jam. Sempurna...

Mulai sini, gue semangat genjot pedal. Dari sini sampai ke Kediri tanjakannya sedikit, lebih banyak jalan menurun sama datar, kalaupun ada tanjakan, gak sampe selusin. tanpa dikayuh sepeda udah kencang sendiri. Penasaran karena pengen tapi berapa cepat sepeda ini menggelinding, gue iseng liat spedometer motor yang gue salip. Lumayan, 60 km/jam, kalau jatuh juga lumayan sakit, mana gak pakai helm pula.

Jalanan gelap, sepeda masih menggelinding. Lumayan cepat. Ada seorang pesepeda motor (kayaknya masih mahasiswa, mau pulang kampung juga) yang ngikutin  gue dari belakang. gak tega kali ya, liat orang malem - malem mancal sepeda sendirian lewat gunung yang minim penerangan, hahahaha. Saat mulai lewat tanjakan gue tuntun sepeda, dia duluan sambil nglakson gue. Karena sepeda gue gak ada klaksonnya, gue cuman bisa teriak terima kasih doang. Tiga kali istirahat, yang pertama di dekat sekolahan yang gak tau namanya, pom bensin, sama warung makan, total sekitar 1 jam. Lumayan lama, karena gue sempatin buat makan dulu.

Tanjakan berat terakhir, gue tuntun sepeda. Nengok jam di handphone, udah sekitar jam 10an malam. Lanjut nuntun kakak... di depan udah turunan lagi, panjang pula. 
Belum juga sampai turunan, di depan udah banyak orang berkumpul. Pikiran udah mulai berfirasat buruk. "bakal ada tragedi berdarah ini, sesegera mungkin harus cepetan pergi dari sini", gue ngebatin sendiri. Kerumunan ini gak mungkin cuman ngumpul biasa, gak mungkin arisan, dan juga gak mungkin mau nonton bokep bareng, ini pasti mau tawuran, yakin deh. Ngomongnya aja sambil teriak - teriak, ada kali satu kampung, rame baget pokoknya. Agak deket situ, gue naik ke sadel, jalan udah mulai datar, sebentar lagi turunan panjang menghampiri. Kerumunan massa yang bakal tawuran pada ngelihatin gue semua. Sebodo amat lah, badan capek, mau dimassa gue juga pasrah (untungnya enggak, alhamdulillah).

Jalanan turun terus, gelap, miskin penerangan, lawan di jalan adalah truk - truk yang badannya bongsor semua. Salipin satu satu dong, hahahaha. 10 kilometer kemudian nuntun lagi, karena jalan agak nanjak (tapi cuman dikit doang kok). Jalanan turun lagi walaupun gak securam yang udah - udah. Lima kilometer lagi udah mulai datar, sampai Kediri. Disini gue udah gak lihat jam lagi, sebodo amat sama waktu, yang penting hari ini udah nyampe rumah. Berkali - kali gue istirahat buat nyenderin punggung yang udah sakit minta pergantian pemain karena udah nggak kuat lagi nahan beban. Nyampe simpang lima Gumul gue tengok jam, sekitar jam 11.30 malam, sempatin waktu bentar buat foto - foto, lanjut perjalanan yang sebentar lagi sampai, dan penderitaan yang bentar lagi bakal selesai.


Ini foto keadaan sepeda gue dari depan. Tas pinggang dua bijo yang diikat di setang sama headlamp, dan juga beban yang gue panggul dari Malang gak lupa tampil juga. Mana sadelnya tipis, udah jebol pula.


10 komentar:

  1. mantab bos,
    antara sedih dan ngakak. Ojo diulangi maneh. Sampeyan kediri endhi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya aja juga gak habis pikir kenapa bisa ngelakuin itu
      saya kediri kota om, selatannya hotel insumo :D

      Hapus
  2. hadewh ngguyuku sampek gak mari2 iki. Bener2 nekat. Klo gak punya uang khan bisa pinjem temen dulu, Naik bis malang kediri khan cuman 13 rb doank. Tapi salut dech atas perjuangannya. Lanjutkan! Lebih cepat lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sekali - kali pulang kampung dengan cara berbeda :D

      Hapus
  3. *ngikik...*
    ajaaib ini orang.. x))

    BalasHapus
  4. Mas bagi tips dong, saya juga mau gowes malang-kediri buat yg perdana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yang di twitter kemarin kan? udah dijawab dong berarti :))

      Hapus